Kamis, 08 Maret 2012

Makna Di Balik Warna


Tidak bisa kita bayangkan bagaimana membosankan jika dunia kita hanya terdiri dari satu atau dua warna saja, dunia hanya terlihat hitam atau putih saja, seperti era televisi hitam putih. Dengan hanya hitam dan putih kita tidak bisa membayangkan kesegaran buah stroubery yang berwarna merah, hijaunya pepohonan,
selain berfungsi menghidupkan suasana ternyata warna mempunyai makna tersendiri serta efek tertentu bagi seseoarng, warna juga digunakan dalam sebuah negara yang diimplementasikan kedalam warna bendera, seperti bendera negara kita yang terdiri dari warna merah dan putih yang mengandung arti: merah lambang semangat perjuangan, keberanian dan juga kasih sayang, sedang warna putih diartikan sebagai kesucian jiwa, kemurnian,kebersihan, kewajiban, prasahajaan. Putih juga perlambang seorang pria, perasaan persahabatan.
Warna dapat mengandung beragam makna, tergantung siapa serta suasana warna tersebut didefinisikan. Bagi pasangan yang jatuh cinta
merahnya warna mawar pertanda cinta dengan rasa respect yang tinggi, perasaan cinta yang mendalam, hubungan yang bukan sebatas pertemanan biasa. Sedangkan mawar putih bermakna Ketulusan cinta dan peduli dengan orang lain, kuning dianggap sebagai sebuah perasaan yang ingin selalu bebas, fleksibel, dan mawar pink perlambang rasa syukur yang mendalam ucapan terima kasih atas sesuatu yang indah.
Dalam budaya cina setiap unsur yang berada dialam mengandung arti serta makna tertentu, begitu juga dengan warna, ilmu fengsui menganggap warna adalah getaran. Getaran dapat respon, secara sadar maupun tidak. Warna mempengaruhi kenyamanan lingkungan dan mood. Warna berpengaruh terhadap pandangan seseorang terhadap diri kita. Bagi masyarakat cina warna merah dapat berarti lambang sebuah kemakmuran dan warna ini indentik dengan masyarkat Cina sendiri, disatu sisi warna merah dapat bermakna negatif sebagai sebuah amarah, malu serta kebencian.
Setiap warna bisa bermakna positif maupun negatif tergantung pada sudut pandang mana warna tersebut diterjemahkan, berikut ini beberapa contoh arti warna berdasarkan sifatnya :
Warna
Positif
Negatif
Merah.
Kemakmuran, kehangatan, keberanian dinamika, wanita, surya (matahari), kasih sayang
Amarah, malu, kebencian
Hijau.
Pertumbuhan, kesuburan, harmoni, optimisme, kebebasan, dan keseimbangan, keagungan, kesejahteraan, kebijaksanaan
Iri hati, kebohongan
Kuning.
Pencerahan dan intelektualitas, optimisme, akal, dan ketegasan. Kejayaan, kebesaran, keemasan
Berlebihan, kekakuan
Biru.
Damai dan menyejukkan, spiritualitas, kontemplasi, misteri, kesabaran, rasa percaya dan stabilitas, keta’atan, taqwa
Curiga, melankolis.
Putih.
Simbol awal baru, kemurnian dan kesucian bersih dan segar kemurnian kebersihan kesucian, kewajiban, prasahajaan, pria, Candera (bulan)
Dingin dan tanpa kehidupan.
Hitam.

Misterius dan independen Positif, daya tarik dan kekuatan. Kedalaman, kesungguh-sungguhan.
Kematian, kegelapan, dan kuasa jahat.
Cokelat.
Stabilitas dan bobot, kestabilan, keanggunan
Depresi dan penuaan
Dalam dunia fesyen warna berperan penting, warna pula dapat mengirimkan pesan teretentu Pesan itu bisa berarti menyejukkan, menggoda, gembira, atau menakutkan. Seperti warna biru mengandung artian formalitas sementara biru muda berkebalikan dengan biru tua, sedangkan rasa humor bisa tercipta dari perpaduan warna biru dan ungu.Banyak wanita cendrung menyukai warna merah, terutama warna merah muda, warna merah muda mengisratkan sifat feminim, lembut, serta menyenangkan, Sedangkan warna merah sendiri menggambarkan hasrat dan gairah. mereka yang ingin tampak langsing pemakaian warna hitam bisa memberikan efek langsing. aplikasi warna hijau banyak dipakai dalam acara pesta pada abat ke-15.
Begitulah beragamnya makna dari sebuah warna, tergantung pengaplikasianya, dalam dunia disain terutama disain grafis keberanian bermain dengan warna akan sangat berpengaruh pada hasil akhir disain, jadi jangan pernah takut untuk bermain-main dengan warna.
SUMBER: BERBAGAI SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar