Sabtu, 10 Maret 2012

Tips Sukses Ujian Nasional (UN)


Tips sukses UN  2011 - Yang ada hanyalah bagaimana proses pembelajaran Anda menghadapi UN agar dapat terukur secara sistematis dan Anda sukses UN dengan perolehan NA yang maksimal. Proses pembelajaran yang terukur inilah yang tidak dimiliki oleh kebanyakan siswa/i SMA/MA sehingga terkesan sulit mendapatkan hasil UN yang maksimal. Padahal dari kriteria kelulusan Ujian Nasional UN tersebut sudah terlihat bahwa nilai yang harus diperjuangkan oleh setiap peserta UN tidak lain adalah perolehan Nilai US dan UN. 
Tips Sukses Ujian Nasional Fisika 2011 - 2012
Sedangkan inti dari kedua nilai itu adalah Nilai UN itu sendiri. Kenapa ? Karena nilai UN diperoleh dari mata pelajaran yang di-UN-kan (IPA: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris ; IPS: Matematika, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris). 
Sedangkan nilai US diperoleh dari mata pelajaran UN yang di-US-kan. Maka kesimpulannya adalah setiap peserta didik yang ingin sukses UN harus berusaha dan berjuang agar setiap mata pelajaran yang di-UN-kan maupun yang di-US-kan memperoleh hasil maksimal. Disamping itu, kedua nilai (US dan UN) memiliki pembobotan terbesar yaitu 60 %. Kalau nilai raport (NR) semester 3, 4 dan 5 khan sudah jelas dan tertulis di buku raport tinggal dihitung rata-ratanya, kemudian dikalikan bobotnya 40 %.
Jadi… berjuanglah dan berusahalah… agar perolehan nilai akhir (NA) setiap mata pelajaran yang di-UN-kan mencapai maksimal. Dengan demikian target Lulus UN dengan perolehan NA tinggi yang tertarget akan Anda raih dan Anda keluar sebagai pemenang.
Berikut ini adalah tiga Tips Sukses Ujian Nasional ala Belajar Fisika SMA :
  1. Pelajari, Pahami dan Kuasai isi Kisi-Kisi Ujian Nasional. Kisi-kisi UN dibuat oleh pemerintah agar supaya memudahkan peserta UN belajar dan menyiapkan diri menghadapi UN. Kisi-kisi ini ibarat rambu-rambu, mana yang harus dipelajari mana yang tidak. Harapannya, belajar Anda akan lebih efektif dan efisien. Perlu dipahami bahwa UN tidak lain adalah tes evaluasi, yang makna tujuannya adalah meluluskan siswa sebanyak-banyaknya. Berbeda dengan tes seleksi, yang makna tujuannya menseleksi siswa sesuai kebutuhan atau dengan kata lain menseleksi siswa agar tidak lulus sebanyak-banyaknya… nah lho…
  2. Pelajari dan Pahami Kriteria Kelulusan Ujian Nasional. Hal ini dimaksudkan agar peserta UN memiliki target pencapaian hasil UN dan kelulusan. Target pencapaian hasil UN akan berpengaruh pada motivasi belajar. Coba bayangkan jika Anda tidak punya target pencapaian hasil UN, paling-paling semangat belajar Anda biasa-biasa saja tuh. Jadi, coba buat target pencapaian hasil UN pada diri Anda guna menumbuhkan semangat belajar. Dengan membuat target pencapaian hasil UN yang tinggi, bisa jadi semangat belajar dalam diri Anda akan semakin meningkat dan bergelora.
  3. Perbanyak Latihan Soal-Soal Ujian Nasional. Nah… untuk tips yang ini, memang sudah hukum alamnya begitu. Ibarat tentara mau diterjunkan ke medan perang, harus banyak-banyak latihan tempur sebelum terjun berperang. Yang berbeda adalah siapa yang menjadi lawannya. Kalau tentara yang dihadapi adalah lawan tempurnya, sedangkan UN yang dihadapi adalah soal-soal pelajaran tertentu yang diujinasionalkan. So… jangan lupa dech banyak-banyak mengerjakan soal-soal latihan … agar rasa percaya diri Anda semakin kuat dan UN tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar